Sub menu

Sunday 3 November 2013

Japan Education Fair 2013

Selamat malam.

          Cuma mau share tentang acara yg gue datengin beberapa hari yang lalu tepatnya sih hari minggu di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). Japan Education Fair, yap itu dia acaranya. Acara itu diadain setau gue sih setahun sekali doang dan cuma satu hari, tahun ini diadain di 2 kota (Surabaya&Jakarta) yg dateng juga banyak, gak cuma orang Indonesia aja tp juga ada orang Jepang asli yg mungkin menetap disini. Disana kita bisa liat pameran2 kampus yg ada di Jepang, juga ada Embassy of Japan in Indonesia yg menjelaskan cara2 dan syarat dapetin beasiswa buat kuliah disana, juga ada pameran kebudayaan jepang juga. Ohiya gue tau ada acara ini dari salah satu temen gue Rina Rifayanti yang gak sengaja ngeliat poster yg di tempel di mading SMAN 8 Tangerang. Kebetulan Rina emang suka sama Jepang dan dia ngajak gue dan temen2 yg lain buat dateng kesana dan acara itu 'Free'. Itu makin buat kita tertarik. Sayangnya acara nya cuma sehari.

           Di jadwal, seinget gue sih pembukaannya itu Jam 10 dan kita udh berniat mau berangkat sebelum jam segitu, tp ternyata Nurwinda yg tadinya ragu-ragu mau ikut apa enggak, dia memutuskan ikut. Dan fia baru bangun jam setengah 10-_- terlebih lagi rumah dia cukup jauh dari rumah Rina (kita berangkat dari rumah Rina). Kita nunggu dia, dan dia pun dtg jam setengah 11 sih kalo gak salah. Kita langsung aja berangkat. Eh kita kira keburu buat liat pembukaannya, tp ternyata kita nyasar dulu gara-gara jalan banyak yang ditutup kan car free day. Kita muter-muter daerah situ sampe jam 12 tepat, akhirnya kita sampe di tempat tujuan-_- ya ngaret 2 jam dari rencana, tp gapapa gak nyesel juga dateng kesana haha.

Ini di depan pintu masuk Japan Education Fair
(Dari kiri) Wynne, Rina, Nurwinda, Kiki, dan yg terakhir itu gue sendiri.


Ini pas lagi ngisi angket





Nah, khusus foto yang satu ini difotoin sm orang Jepang yg tau kita lg kebingungan nyari orang buat fotoin kita tbtb dia menawarkan diri. Arigatou.

          Seperti yang tadi gue bilang diawal, ada pameran kebudayaan juga di acara itu. Salah satunya adalah 'Chanoyu'. Sebelumnya gue mau jelasin dikit tentang Chanoyu. Arti kata Chanoyu sebenarnya adalah  'air panas untuk teh' namun sekarang berkembang lebih luas menjadi upacara minum teh yang menjadi tradisi di Jepang. Nah waktu disana gue dan temen2 gue masih kebagian ikut Chanoyu sesi terakhir, biarpun pake acara lari-larian buat ngantri tiket chanoyu itu haha. Tadinya kita mau ikut yg sesi ke 3, tp sayangnya kita salah antrian-_- ohiya gak semua orang bisa bikin teh hijau di upacara minum teh itu hanya orang2 yg udah dilatih. Karena ada tata cara tersendiri untuk membuat maupun meminum teh hijau itu. Tata cara itu juga punya filosofi atau makna tersendiri. Ohiya teh hijau itu warnanya hijau pekat bukan bening terus rasanya pait, dan tp untungnya gak banyak karena udh ada takaran nya. Gue seneng bisa ikut Chanoyu itu, ya itung2 nambah pengetahuan sm pengalaman. Mencoba sesuatu yang baru itu gak ada salahnya kan. Haha

Itu perlengkapan untuk membuat teh hijau




Nihonjin 

Ps: Sorry for bad quality photos
Gue rasa cukup segitu yg mau gue share sm kalian yg baca blog gue.

Thanks.
Alfiani Pramesti :)

No comments:

Post a Comment