Sub menu

Monday 7 August 2017

Volunteer Abroad

Hello after long time, i'm back!

Liburan semester kali ini agak berbeda buat gue, yang biasanya setiap semester gue ambil semester pendek dan pasti jalan-jalan ke luar kota. Kali ini gue ikut volunteer abroad dari AIESEC, yes this is something new for me! Sekarang gue di Thailand tapi minggu depan pulang.

Gue ambil volunteer abroad pas summer yang sebenernya gue apply pas winter 2016 tapi karena satu dan lain hal keperluan kampus yang gak bisa gue tinggal jadi gue mundur ke summer 2017. Negara yang gue pilih gak jauh-jauh amat masih di ASIA yak Thailand. Karena gue ambil SDG No.4 tentang Quality Education dan manager gue saran disini aja bagus.

Singkat cerita gue berangkat 30 Juni 2017, yak itu abis lebaran banget. Jujur banget, gue dapet banyak pelajaran baru dari sini bahkan dari sebelum berangkat ke Thailand. Kayak gue sekarang ngerti gimana cara urus travel insurance sendiri dan VISA sendiri, menurut gue kalo masih tinggal sekitaran Jakarta gak perlu agen itu gampang asal sabar.

Sebelum gue berangkat kesini PASTI banyak hal-hal yang gue khawatirin, salah satunya adalah gue dapet partner kayak apa darimana, gimana cara ngadepin murid-murid yang bahkan gue ngomong apa aja dia gak ngerti, orang indonesia yang lain gimana gue bisa temenan sama mereka apa enggak, dan masih banyak lagi pikiran2 aneh dari otak gue. Dan gue hopeless abis pas mau kesini, gak berharap yang muluk2 selama disini asal projek gue berjalan lancar it's oke!

BUT, pas gue sampe sini ternyata semua pikiran2 gue di Indonesia itu SALAH BESAR, kenapa? Gue dapet temen-temen dari berbagai negara yang baik-baik banget, dan Exchange Participant (EP) dari Indonesia juga really nice sampe kita punya grup khusus EP Indonesia yang seru abis. Jadi kita disini gak tinggal di kota besar like Bangkok tapi project ini di desa-desa gitu nah gue dapet daerah yang butuh waktu 6 jam dari Bangkok. Awal gue mau berangkat ke daerahnya gue udah hopeless soal sekolah sama hostfam gue bakal kayak apa.

And GOD is really nice to me, gue ditempatin di daerah Thap Sakae provinsinya itu Prachuap Khiri Khan. Sekolah gue itu Ban Maduea Thong School. Pas pertama kali gue liat sekolahnya lumayan gede juga dan ternyata punya 3 level gitu disatu sekolah Kindergarten, Primary School, and High School. Waktu gue dan partner disuruh milih mau ngajar primary atau high school, partner gue ini udah milih high school duluan jadi gue ngajar primary. Ohiya gue dapet partner orang China. Terus waktu itu gue dijemput sama hostfam gue ibu-ibu udah lumayan tua tapi masih seger dan dia bawa mobil pick up, tapi yang bisa buat 4 orang. Rumahnya ternyata bagus tapi emang agak masuk ke sawah gitu, hostfam gue ini salah satu guru di sekolah gue juga dan cuma tinggal sama anak cowoknya 1 yang umurnya 14 tahun.

Hostfam gue baik banget sampe kadang gue mau nangis karena terharu saking baiknya. Beliau selalu bilang "I want you happy in here" jadi kalo liat kita bete dirumah selalu ngajak keluar, beliin atau masak makanan yang emang khas thailand juga karena gue gabisa makan babi beliau selalu nyariin seafood atau ayam, pertama gue tinggal disini belum ada Wifi terus dipasangin buat kita disini, beli dispenser buat air minum karena biasanya beli minum botol yang gede. Satu lagi, karena sekolah temen gue pasangan EP dari Indo dan China kebetulan udah deket dari awal dateng ke Thailand deket sama rumah gue, mereka juga hidupnya gak seberuntung gue disini karena gak ada keluarga cuma dikasih rumah tinggal aja. Hostfam gue suka ngajak mereka makan bareng bahkan nginep dirumah sini setiap weekend. Karena beliau juga seneng kalo rumahnya rame kita suka ngobrol-ngobrol bercanda, lebih terasa sebuah keluarga.

Murid? Karena gue ngajar primary school mereka lucu-lucu banget ya ampun sampe kadang gemes sendiri. Mungkin karena mereka baru ngeliat orang yang beda di sekolah mereka, jadi gue berasa artis disini *ini serius*. Gue punya ruangan yang letaknya tepat di gedung primary school setiap mereka lewat dan liat gue mereka selalu nyapa "Hello Teacher" sambil dadah dadah, awal banget dateng mereka selalu minta selfie. Pas gue ngajar mereka, gue sebisa mungkin buat mereka ngerti apa yang gue maksut dan ngerti apa yang gue ajarin. Gue pake segala cara mulai dari body language, gue belajar nulis bahasa thailand, belajar sedikit-sedikit bahasa sini dan selalu senyum.

Dan ada beberapa dari murid gue yang suka ngajak gue ngobrol even mereka gak bisa tapi at least mereka nyoba buat ngerti apa yang mereka omongin, gue seneng banget mereka suka bilang "I love you teacher" juga beberapa dari mereka suka ngasih gue benda gitu emang bukan barang mahal tapi mainan yang mereka suka, mereka ngasih itu khusus buat gue. Aduh gue terharu banget. Bahkan karena ini minggu terakhir gue disini ada murid yang gue kasih tau kalo gue pulang sabtu ini dan mereka bilang "No go back no go back Indonesia, teacher" gue jadi makin sedih ninggalin mereka. Ohiya, gue pernah ngajar kindergarten sekali dan gue gak hafal murid2nya tapi one day ada murid2 dari kindergarten tiba-tiba meluk gue dari belakang.

Inti dari tulisan kali ini, being abroad is a must at least once in a lifetime, kenapa? Gue setelah berada disini, cara berfikir kita akan berubah, cara membangun komunikasi sama orang yang bukan dari bahasa utama yang sama, dapet force untuk bisa ngeliat negara lain juga pengen tau culture negara lain, dan dapet pengalaman yang mungkin gabisa di dapet kalo cuma berada di comfort zone. Ohiya, akan beda rasanya ketika lu ke negara lain untuk travel dan untuk study abroad. Karena ngerasain tough life di negara orang itu adalah pengalaman berharga yang gak bisa di dapet orang lain.

Segitu dulu kali ini, mungkin akan berlanjut...

Thank you,
Alfiani Pramesti

No comments:

Post a Comment